Mendengar dengan Hati




KOMUNIKASI yang paling dasar (basic), paling jujur, dan paling cepat efeknya adalah komunikasi intrapersonal, atau komunikasi dengan diri sendiri.
Proses komunikasi ini adalah proses mengenali diri dengan cara merenung, mengamati, mengalami, dan menyimak kejadian yang terjadi di luar dan di dalam diri. Sedangkan parameter keberhasilannya, ketika pesan yang disampaikan hati kita, sesuai dengan perbuatan lahiriah kita.
Semakin kita berbuat sesuai dengan kata hati kita, semakin efektif komunikasi dengan diri kita, semakin harmonis, dan bahagia hidup kita.
Mengikuti kata hati memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang tidak menjadi dirinya sendiri karena proses komunikasi dengan dirinya tidak berjalan efektif. Akhirnya hubungan dengan diri sendiri tidak harmonis.
Jika dengan dirinya sendiri tidak harmonis, tentu tidak akan mendapatkan keharmonisan hidup dengan di luar dirinya.
Untuk mengefektifkan komunikasi dengan diri sendiri, agar hidup kita lebih harmonis dan lebih bahagia, terlebih dahulu berusaha menghilangkan noise (gangguan) yang timbul. Misalnya keraguan akan dampak yang ditimbulkan, seperti sibuk dengan persepsi orang lain, mengharap pujian, takut kalau orang lain tidak sejalan dengan diri kita, dan sebagainya.
Selain berusaha menghilangkan noise, dibutuhkan kejujuran dan keberanian, melaksanakan pesan yang disampaikan oleh hati kita, asalkan tidak mengganggu ketentraman banyak orang. Walaupun pada dasarnya, pesan yang disampaikan hati kita akan memberikan manfaat positif untuk semua orang.
Walaupun kadang, dalam waktu singkat belum terlihat, namun lambat laun akan terungkap hikmah yang menjadi tujuan pesan yang disampaikan hati kita. Walaupun awalnya pahit, namun harus diyakini bahwa ending-nya pasti happy.

Motifator :
Muh. Bastian